MU Kalah Penalti, Bayern Juara Audi Cup

Kamis, Juli 30, 2009 Unknown 0 Comments

Jumat, 31/7/2009 | 04:11 WIB
MUENCHEN, KOMPAS.com - Bayern Muenchen keluar sebagai juara Audi Cup setelah mengalahkan tamunya Manchester United lewat adu penalti. Setelah bermain imbang tanpa gol di waktu normal, Bayern akhirnya menang dengan skor akhir 7-6.

Laga yang berlangsung di Allianz Arena, Jumat (31/7) dini hari WIB, itu menampilkan dua tim dengan susunan pemain terbaiknya sejak awal pertandingan. "Setan Merah" turun dengan gelandang senior Paul Scholes dan Ryan Giggs serta duet striker Michael Owen dan Dimitar Berbatov. Meski demikian, MU yang mengenakan kostum baru hitam-biru harus mengakui dominasi "Die Roten" di sepanjang babak pertama.

Aliran serangan yang disusun Bastian Schweinsteiger dan Anatoliy Tymoshchuk membuat Mario Gomez dan Thomas Mueller leluasa melancarkan ancaman ke gawang Ewdin van der Sar. Pada menit ke-18, tendangan Gomez hampir menjadi meski akhirnya membentur mistar kanan.

Pada kesempatan berikutnya, giliran Mueller mencobai Van der Sar pada menit ke-26. Namun, kematangan kiper asal Belanda ini mampu mematahakan bidikan striker muda tersebut. Van der Sar lagi-lagi dipaksa jatuh bangun untuk menahan tembakan keras Schweinsteiger di menit ke-35. Sampai babak pertama berakhir, MU hanya dua kali mencoba tendangan ke arah gawang, sementara "FC Hollywood" melancarkan tujuh serangan meskipun tanpa hasil.

Di babak kedua, permainan MU mulai membaik. Satu kesempatan indah diperoleh Owen pada menit ke-31 ketika ia mendapat umpan cantik dari Scholes. Sayang, meski tinggal berhadap-hadapan dengan kiper Michael Rensing, Owen gagal meneroboskan bola ke dalam gawang. Tendangannya mental mengenai paha Rensing.

Kesempatan bagi Owen kembali lahir di menit ke-73 ketika ia mendapat umpan dari sayap kiri. Owen tinggal menyundulnya ke gawang, tapi bola tak mau turun ke arah gawang. Kebuntuan serangan ini membuat pelatih Sir Alex Ferguson memutuskan menarik Owen dan Berbatov serta memasukkan Anderson dan Wayne Rooney.

Lima menit di lapangan, Rooney langsung mengancam sarang Rensing. Umpan terobosan dari Giggs dihajarnya di dekat gawang. Lagi-lagi bola tak mau mengarah ke sasaran dan melambung tinggi di atas mistar. Skor 0-0 pun bertahan hingga 90 menit dan pemenang harus ditentukan lewat adu tos-tosan.

Adu penalti dibuka oleh kesuksesan Giggs mengecoh Rensing. Alexander Baumjohann menyamakannya setelah berhasil menembus penjagaan Van der Sar. Eksekusi Anderson dan Nani kemudian disamakan oleh bidikan Edson Braafheid dan Hamit Altintop.

Pendukung MU mulai cemas setelah Patrice Evra gagal mengecoh Rensing. Namun, Danijel Pranjic juga gagal melewatkan bola di dekat Van der Sar. Dua eksekutor berikutnya yakni Wayne Rooney dan Jose Ernesto Sosa berhasil menunaikan tugas sehingga adu tos-tosan harus diteruskan hingga ronde kedua.

Empat pemain kedua tim secara bergiliran yakni Darren Fletcher, Andreas Ottl, Paul Scholes, Holger Badstuber berhasil membobol gawang lawan. Namun sayang, Johny Evans gagal mempersembahkan gol untuk MU karena arah bolanya tertebak oleh Rensing. Kemenangan Bayern akhirnya ditentukan oleh gol Daniel van Buyten sebagai algojo kedelapan dari "The Bavarian".
Dengan hasil ini, Bayern menjadi juara pada turnamen perayaan 100 tahun berdirinya maskapai otomotif Audi tersebut, sementara MU menjadi runner-up. Tempat ketiga diduduki oleh Boca Juniors (Argentina) dan AC Milan (Italia) berada di posisi terakhir.

Susunan pemain:
Bayern Muenchen:
Rensing; Breno (Badstuber 64), Demichelis (Van Buyten 64), Braafheid, Lahm (Pranjic 64); Tymoshchuk (Ottl 77), Schweinsteiger (Sosa 64), Baumjohann, Van Bommel (Altintop 46); Gomez (Goerlitz 64), Mueller (Sene 77).
Man. United: Van der Sar; Evra, Evans, Ferdinand (Cathcart 67); Fletcher, Scholes, Giggs, Nani, Gibson (Valencia 65); Owen (Anderson 78), Berbatov (Rooney 78).

You Might Also Like