Budaya Amerika Terhadap Masyarakat Indonesia

Minggu, Januari 27, 2013 Unknown 0 Comments


Menurut Alvin Tofler dalam bukunya “the future shock and the third wafe”, era millenium adalah era manjamurnya media komunikasi. Akibatnya di satu sisi ia menimbulkan nilai-nilai positif bagi manusia namun di sisi yang lain banyaknya sumber informasi telah mengakibatkan penyakit adaptasi yaitu penerimaan tehadap unsur-unsur asing tanpa memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Salah satu contohnya adalah semakin banyaknya gaya hidup orang Indonesia yang sudah hampir sama dengan gaya hidup orang Amerika. Oleh sebab itu, pada makalah ini saya akan menyampaikan sebuah tema:

BUDAYA AMERIKA TERHADAP MASYARAKAT INDONESIA

Indonesia sebagai negara yang letaknya strategis
Pada era globalisasi sekarang ini, dunia seperti tidak ada batasnya. Setiap orang dapat pergi ke suatu tempat dalam waktu yang relatif singkat. Untuk pergi ke suatu tempat yang jauh sekalipun dapat ditempuh dalam hitungan jam bahkan menit. Hal tersebut menjadikan orang-orang senang bepergian ke suatu wilayah atau bahkan ke negara lain hanya sekedar untuk berlibur. Indonesia sebagai negara yang letaknya sangat strategis karena diapit oleh 2 benua yaitu benua Asia dan benua Australia serta 2 samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik ditambah oleh panorama alam yang sangat indah yang tidak dimiliki oleh negara lain menjadikannya sebagai negara yang menjadi tujuan wisata para wisatawan mancanegara. Secara tidak langsung, hal tersebut berdampak terhadap masyarakat Indonesia karena pengaruh budaya barat yang masuk begitu saja ke dalam budaya Indonesia yang menganut budaya ketimuran.
Masuknya budaya Amerika ke Indonesia
          Sebagai negara yang menjadi tujuan wisata para wisatawan dari berbagai  mancanegara, menjadikan negara Indonesia harus berhati-hati dalam menyikapi masuknya budaya barat atau Amerika ke Indonesia. Sebab, budaya Amerika dapat merusak budaya Indonesia yang sangat menjaga norma dan tingkah laku masyarakatnya. Pada era ini, budaya Amerika dapat masuk ke Indonesia melalui banyak cara. Mulai dari televisi yang menayangkan gaya hidup barat sampai tingkah laku yang ditunjukkannya ketika datang ke Indonesia sebagai contohnya seperti yang dapat kita lihat di pantai Kuta Bali.

Budaya Amerika yang bertentangan dengan budaya masyarakat Indonesia
          Sebagai negara muslim terbesar di dunia dan sebagai negara yang menganut budaya ketimuran yaitu budaya yang lebih mengedepankan sopan santun dalam berbicara dan berpakaian menjadikan masyarakat Indonesia harus menjaga norma-norma kesopanan yang berlaku agar tidak mudah terpengaruh oleh budaya Amerika. Hal tersebut dikarenakan budaya amerika sangat berlawanan dengan budaya Indonesia mulai dari makanan, gaya hidup, dan cara berpakaian.

Dampak masuknya budaya Amerika ke Indonesia
Budaya Amerika sangatlah berpengaruh terhadap masyarakat Indonesia terutama generasi muda. Budaya tersebut dapat merusak akhlak serta budi pekertinya. Apalagi bagi kebanyakan bagi generasi muda, apabila mereka tidak mengikuti budaya barat maka mereka akan dianggap “ketinggalan jaman” atau “kurang pegaulan”. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia yang telah terpengaruh oleh budaya Amerika rela makan di rumah makan Amerika seperti KFC, Kentucky, dan lain-lain walaupun harganya jauh lebih mahal dan tidak terjamin halal haramnya. Hal tersebut dilakukan hanyalah karena gengsi terhadap orang lain. Padahal apabila kita pahami, apa yang telah dilakukan oleh negara barat terhadap Indonesia merupakan bentuk penjajahan. Mereka menjajah Indonesia tidak menggunakan senjata melainkan dengan pengaruh-pengaruh yang dapat merusak budaya Indonesia. Seperti yang telah saya jelaskan tadi, mereka menjajah Indonesia melalui cara berpakaian yaitu tidak menutup aurat, gaya hidup yaitu hanya memikirkan kesenangan duniawi semata, dan makanan cepat saji yang semua itu dapat merusak budaya dan kepribadian Iindonesia cepat atau lambat.
Menyikapi budaya Amerika yang masuk ke Indonesia
          Untuk menjaga budaya asli Indonesia, masyarakat Indonesia haruslah menyaring budaya barat yang masuk ke Indonesia. Sebab pada zaman sekarang ini, masuknya budaya barat memang tidak dapat dihindari melainkan kita sebagai masyarakat Indonesia yang harus pintar menjaga diri terhadap pengaruh dari luar dengan cara menyaring kebudayaan yang masuk. Sebab apabila budaya barat dibiarkan masuk ke Indonesia maka hal tersebut dapat merusak generasi muda Indonesia yang memang suka meniru gaya barat yang dianggapnya lebih maju. Jadi, tidak ada cara lain kecuali membatasi budaya Amerika yang masuk ke Indonesia dengan cara mengamalkan norma yang berlaku serta berpegang teguh kepada agama sebagai pedoman hidup manusia. Pertahanan budaya Indonesia pun harus pro-aktif kalau hendak berhasil menghadapi budaya Barat dan asing lainnya yang dinamis dan bahkan agressif.

Kesimpulan
           1.   Indonesia sebagai negara tujuan wisata para wisatawan asing harus benar-benar menjaga budayanya dari pengaruh budaya asing.
       2.   Masyarakat indonesia harus menyaring Budaya Amerika yang masuk ke Indonesia agar tidak sampai merusak budaya sendiri
      3.   Budaya asli masyarakat indonesia haruslah tetap dijaga sebagai ciri kepribadian bangsa

Saran
Sebagai negara muslim terbesar di dunia dan sebagai warga negara yang menghargai bangsanya sudah sepantasnyalah kita menjadikan norma masyarakat dan agama sebagai pedoman hidup agar tidak sampai terpengaruh budaya Amerika yang hanya memikirkan kesenangan duniawi

Harapan
Sebagai warga negara indonesia dan sebagai pemeluk agama islam, saya berharap agar bangsa Indonesia tidak mudah terpengaruh oleh budaya barat yang masuk dengan terus menjaga budaya asli Indonesia yang salah satu caranya adalah tidak mengikuti gaya hidup serta gaya berpakaiannya yang jauh dari norma asli masyarakat Indonesia.
Cukup sekian pembahasan kali ini mengenai budaya amerika terhadap masyarakat di indonesia semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan renungan bagi kita semua demi kehidupan yang lebih baik. Amin...

You Might Also Like