Belajarlah!

Jumat, April 15, 2016 Unknown 0 Comments

Beberapa hari yang lalu, saya berbincang kepada seorang teman pasca. Topik yang dibahas pun masih sekitar dunia kampus. Maklum, karena saat ini kami berdua memang belum lulus dan masih bergelut dengan tesis. Arah perbincangan pun tanpa disadari semakin melebar. Dari mulanya seputar tesis, kemudian sampai kepada rencana melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau S3. Ya, S3 dan itu di luar negeri.
Teman saya ini, pada saat itu menjadi bersemangat untuk berbincang dalam hal ini, dikarenakan ia baru saja bertemu dengan dosen muda UIN yang dulunya melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Terlebih mereka (sosok yang teman saya ceritakan) adalah perempuan. Ia kemudian membayangkan betapa hebatnya mereka ini. Mereka memiliki semangat mencari ilmu sampai harus ke luar negeri segala (dan “tidak” terburu-buru untuk segera menikah). J
Kemudian, kita pun saling sharing mengenai rencana kita masing-masing selepas lulus dari program master ini. Saya, memang sudah memiliki rencana untuk melanjutkan studi lagi. Tapi bukan S3. Melainkan S2. ketika mendengar rencana saya, teman saya ini lantas bertanya, “Apa nggak sayang umurnya mas kalo ambil S2 lagi?”. Pertanyaan yang biasa memang, mengingat saya sudah mengambil program S2, eh tapi malah mau kuliah S2 lagi. Tapi, entah kenapa saya malah jadi berpikir, “kok orang mau menuntut ilmu tapi dibilang sayang umurnya??”
Entah saya yang “lebay” atau memang paradigma berpikir kita yang salah. Bahwa “umur” memiliki andil yang besar dalam kesuksesan karir kita. Dalam kasus saya di atas tadi, mungkin akan lebih “sukses” kalau saya langsung melanjutkan S3 saja. Sehingga umur yang saya miliki tidak terbuang sia-sia dibandingkan kuliah S2 lagi. Tapi apakah benar demikian?
Dalam sebuah hadits tentang pendidikan yang sudah masyhur dan akrab di telinga kita, Nabi Muhammad saw pernah bersabda, yang kurang lebih artinya, “tuntutlah ilmu dari saat kamu masih berada di ayunan sampai kamu masuk ke dalam liang kubur”, utlubul ilma minal lahdi ilal lahdi. Hadits ini sering dipakai sebagai salah satu landasan tentang pentingnya menuntut ilmu. Sampai pada kalangan pendidik muslim, muncul terma long life educationatau pendidikan sepanjang hayat.
Maksud sederhana dari terma tersebut adalah, selagi kita masih hidup, maka tidak ada alasan untuk berhenti belajar. Belajarlah tanpa dibatasi usiamu. Belajarlah apabila engkau masih memiliki nafas yang kau hembuskan. Belajarlah selagi hayat masih dikandung badan. Belajarlah..
Maksud dari belajar di sini, tentu belajar yakni mempelajari segala hal yang baru, baik itu melalui jenjang formal, informal, maupun non-formal. Intinya satu, yakni “belajar”.

Dengan kesadaran demikian, maka ketika pertanyaan di atas diajukan kembali, “Apa nggak sayang (rugi, red) umurnya mas kalo ambil S2 lagi?” maka jawabannya, “tidak ada kata sayang (rugi) untuk terus belajar. Jangankan S2 lagi, S1 pun kalau memang saya harus mempelajari hal yang baru yang tidak saya dapatkan di S2 maupun S3, kenapa tidak?” J

Kamar kos condrodimuko, 14 April 2016.   

You Might Also Like