Minggu, Agustus 09, 2009 Unknown 2 Comments


Kotak Tipis Sarat Fitur

Berusaha tampil unik menjadi ciri eTouch saat merilis produknya. Bentuk kotak tipis namun dilengkapi fitur multimedia menjadi unggulan seri MB68 Black Edition.

Ketika vendor ponsel merek lokal bersaing dalam fitur yang itu-itu saja, langkah sedikit berbeda dilakukan eTouch. Vendor ini mengenalkan seri MB68 Black Edition yang dibuat di Korea Selatan dan bukannya Cina yang selama ini mendominasi produk dari vendor merek lokal. Citra produk ponsel dari Korea Selatan yang berdesain elegan dan cantik terlihat terpatri di eTouch MB68 ini.

Sentuhan desain ini tak hanya terlihat dari bentuk fisiknya yang kotak tipis. Tapi juga pada navigasinya yang tidak menggunakan keypad numerik sama sekali. Layar sentuh menggunakan sapuan jari ataupun stylus menjadi navigasi utama peranti ini. Sementara fitur yang menyertai terbilang komplet, mulai akses internet via GPRS, bluetooth, hingga kamera yang bisa dioperasikan sebagai alat foto dan perekam video. Bagi yang familiar dengan iPhone, eTouch juga memberi sentuhan mirip, yakni saat posisi ponsel terkunci, ada perintah slide to unlock persis seperti yang ada di iPhone. Untuk eksplorasi fitur, berikut penilaian tim SELULAR pada ponsel eTouch MB68 edisi warna hitam ini :


DESAIN
Sepintas, bentuk ponsel ini mirip dengan kamera digital saku. Di bagian belakang hanya terlihat lensa dan flash, sementara di bagian depan hanya ada tombol navigasi dan tombol menelepon dan mengakhiri panggilan. Penggunaan material logam memancarkan kekohan ponsel ini dalam balutan warna hitam.
Pengujian : Mengeksplorasi detail ponsel ini dari penggunaan material dan tingkat ergonomis dalam pemakaian.
Nilai : 3
Catatan : Port gabungan ditutup dengan selubung karet berwarna hitam sehingga kesan kompak di ponsel ini makin terasa.

LAYAR
Ponsel ini menggunakan layar TFT 262 ribu warna. Karena menggunakan akses layar sentuh, eTouch mendesain layar dengan ukuran cukup lebar yakni 44,5 x 32 mm. Ukuran layar sebesar ini mampu menampung 12 menu ikonik empat baris dalam ukuran yang cukup besar untuk setiap ikon. Ketajaman dan kejernihan layarnya biasa karena menggunakan resolusi standar 240 x 320 pixels.
Pengujian : Mengakses beragam menu di dalam ruangan dengan penerangan cukup dan di luar ruangan.
Nilai : 3
Catatan : Ada pengatur kecerahan lampu di belakang layar LCD untuk menghemat daya tahan baterai.

KAMERA
Ponsel ini menggunakan kamera 3,2 Mpix plus lampu flash. Dengan fungsi sebagai alat fotografi dan perekam video, kamera ini bisa menjadi sahabat saat ingin mengabadikan momen-momen penting. Ada sejumlah fitur fotografi yang menyertai seperti white balance, multishot, efek, hingga pengaturan kualitas foto. Selain itu, tersedia pula fasilitas pengeditan foto seperti menggabungkan foto ataupun membuat slide show.
Pengujian : Memotret dengan resolusi maksimal di dalam dan di luar ruangan.
Nilai : 3
Catatan : Ada fasilitas TV output untuk menikmati hasil foto maupun video di televisi. Terasa menyenangkan karena hasil foto atau video secara instan bisa dilihat di layar yang lebih lebar.

AUDIO
Hiburan audio di ponsel ini meliputi musik dan radio FM. Untuk musik, tersedia aplikasi pemutar musik lengkap dengan equalizer dan sejumlah fasilitas lain. Suara musik yang didengarkan lewat speaker luar dari pengujian terbilang biasa, tapi akan terasa lebih nyaman bila dinikmati melalui headset stereo atau bluetooth headset. Sementara untuk radio FM, ponsel ini menggunakan antena eksternal, sehingga perlu headset untuk mengaktifkannya.
Pengujian : Menyetel berkas lagu Matahariku dari Agnes Monica.
Nilai : 2,9
Catatan : Lubang audio menyatu dengan fungsi charging dan sinkronisasi. Tidak ada lubang audio 3,5 mm

MESSAGING
Berkirim pesan teks menjadi unggulan di seri ini. Selain SMS panjang hingga 1224 karakter dan MMS, ponsel ini juga menunjang fasilitas surat elektronik (e-mail). Untuk mengaktifkannya, sambungan internet via GPRS harus aktif dan bisa dibuktikan ketika berselancar ke internet.
Pengujian : Mengirimkan SMS panjang ke ponsel lain
Nilai : 3
Catatan : Saat menulis SMS menggunakan keyboard virtual, ukuran tiap huruf termasuk besar hingga memudahkan ketika menulis pesan yang diinginkan.

MEMORI
Kapasitas memori internal di seri ini termasuk besar yakni 87 Mb. Dengan kapasitas sebesar ini, beragam aplikasi multimedia bisa tersimpan ke memori internal. Kalau masih kurang, tersedia slot memori eksternal jenis microSD. Sayang, letak slot memori eksternal ini di dekat baterai dan tidak hotswap alias ponsel harus dimatikan saat kartu memori disertakan.
Pengujian : Mengeksplorasi menu pengatur file untuk mengetahui penggunaan memori
Nilai : 3
Catatan : Menu pengatur file memungkinkan kita membuat folder baru sesuai keinginan.

KONEKTIVITAS
Ponsel ini mengandalkan koneksi melalui bluetooth dan kabel data. Standar bluetooth yang digunakan adalah 2.0 dengan fasilitas bluetooth A2DP. Proses terhubungnya ponsel dengan komputer via bluetooth termasuk gampang dan lancar.
Pengujian : Mengirim berkas musik dari komputer ke ponsel. Lagu Matahariku Agnes Monica bisa berpindah dalam waktu 47 detik.
Nilai : 3
Catatan : Ada fitur remote control dengan bluetooth di ponsel ini untuk mengendalikan perangkat lain secara nirkabel.

Kinerja
Secara umum ponsel layar sentuh ini punya performa rata-rata. Kemampuan multimedia yang dihadirkan termasuk standar seperti kamera, musik, sambungan bluetooth, dan akses internet via GPRS. Pengujian fungsi dasar telepon menunjukkan kualitas suara yang dimunculkan terbilang oke, meskipun ini juga bergantung pada kondisi jaringan operator.

Test Audio
Music93,5 dB
Ringtone 98,3 dB
Human Voice92,1 dB

Kinerja Baterai
Data Vendor
Ponsel ini menggunakan baterai Lithium Ion 750 mAh. Tak ada keterangan dari vendor soal berapa lama baterai ini bertahan saat digunakan.

Hasil Pengujian
Dari pengujian, ponsel ini bisa bertahan hingga tiga hari dengan kondisi standby. Proses isi ulang baterai berlangsung dua jam sampai indikator baterai menunjukkan kondisi penuh.

SKOR AKHIR : 3

You Might Also Like